May 16, 2020 By Napitupulu Off

Yuk Cari Tahu 5 Manfaat Jamur Tiram Putih yang Baik Untuk Kesehatan

 

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang bentuknya menyerupai tiram. Jamur satu ini memiliki banyak jenis, namun yang paling sering dijumpai dan diolah menjadi masakan lezat adalah jamur tiram putih. Jamur dengan nama latin Pleurotus ostreatus ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Penasaran dengan manfaat jamur satu ini? Yuk simak 5 manfaat jamur Pleurotus ostreatus untuk kesehatan.

5 Manfaat Jamur Tiram Warna Putih Untuk Kesehatan

  1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin B3

Jamur dengan nama latin Pleurotus ostreatus ini merupakan sumber vitamin B3 yang baik untuk tubuh saat diolah menjadi makanan sehat. Vitamin yang juga bisa disebut dengan niacin ini memiliki tugas penting dalam membantu proses perkembangan, pertumbuhan, serta kerja organ organ di dalam tubuh. Vitamin ini juga memiliki tugas guna membantu lemak, protein, dan karbohidrat agar bisa digunakan sebagai energi.

  1. Membantu Meningkatkan Kolagen

Jamur dengan bentuk tiram ini juga bisa memberikan manfaat berupa sumber mineral tembaga yang baik untuk tubuh. Dimana tembaga tersebut memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dengan cara meningkatkan pertumbuhan sel darah merah. Selain itu kandungan dari jamur tersebut juga baik untuk mengoptimalkan fungsi sistem saraf. Tidak hanya itu, tembaga dalam jamur juga dapat memperkuat jaringan ikat dengan membantu meningkatkan produksi kolagen.

  1. Membantu Mencegah Kanker

Sebuah jurnal internasional menunjukkan bahwa suplemen dari ekstrak jamur tiram putih dapat menekan pertumbuhan sel kanker usus besar dan kanker payudara. Suplemen tersebut juga bisa digunakan untuk mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh yang lain. adanya kandungan betaglukan dan glikoprotein dalam jamur, dapat meningkatkan respon antikanker tubuh secara alami.

  1. Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology, ditemukan bahwa jamur jenis ini bisa membantu mengurangi kolesterol total dalam darah. Penemuan lain juga mengatakan bahwa mengkonsumsi jamur jenis tiram putih selama 24 hari bisa menurunkan kolesterol dari penderita diabetes, tanpa memberikan efek samping pada ginjal dan hati.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, diketahui bahwa jamur dengan nama latin Pleurotus ostreatus memiliki potensi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan bahan aktif yang terdapat di dalam jamur tiram putih bisa merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Dimana makrofrag merupakan salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya.

Selain 5 manfaat yang telah disebutkan, jamur jenis tiram putih juga bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. jamur yang berbentuk menyerupai kipas dan berwarna putih ini bisa diolah menjadi beragam makanan. Selain di sup, jamur juga bisa digoreng dengan tepung ataupun ditumis. Bahkan juga ada sebagian yang mengolah jamur ini menjadi sate dan nugget.