November 8, 2020 By Napitupulu Off

Waspadai 5 dampak asap bagi ibu hamil dan janin

Dalam kondisi sehari-hari tanpa disengaja, ibu hamil memang rentan terhadap resiko apapun salah satunya adalah asap. Ibu hamil yang terlalu sering menghirup asap ternyata rentan mengalami gangguan tubuh.Tanpa disadari bahaya asap bagi ibu hamil dapat mempengaruhi janin yang dikandungnya. Bahkan, kabut asap bisa mengakibatkan resiko keguguran pada awal kehamilan.

 

Keberadaan asap memang tidak bisa dihindarkan, terlebih lagi jika ibu hamil sedang berada di luar rumah. Bahaya asap sendiri juga dapar bersifat jangka panjang dan jangka pendek. Salah satu bahaya jangka panjangnya adalah asama. Jika ibu hamil terserang asma, maka tentu akan sangat membahayakan tak terkecuali pada janin yang dikandung. Berikut beberapa bahaya asap yang bisa terjadi pada ibu hamil

  1. Resiko bayi lahir cacat

Bahaya asap dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan cacat, terutama bahaya asap rokok. Untuk itu jika suami anda perokok, maka mintalah agar kebiasaan merokok dihentikan demi kesehatan ssang janin.

  1. Resiko melahirkan bayi dengan berat badan kecil

Jika ibu hamil terlalu sering menghirup asap, maka hal ini bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini diakibatkan karena dalam asap yang dihirup terkandung racun. Kandungan racun tersebut tentu sangat membahayakan tubuh dan menghambat aliran darah ibu dan calon bayi.

  1. Membuat sesak nafas disertai batuk

Asap memang sangat berbahaya karrena bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan perkembangan janin pada ibu hamil. Asap akan lebih mudah menyebar dan tercium ketika anda berada di luar ruangan. Akibatnya asap yang terhirup akan membuat kemampuan kerja paru-paru menurun dan membuat anda sulit bernafas.

  1. Gangguan paru-paru pada janin

Terlalu banyak menghirup asap juga akan membuat paru-paru janin menjadi terganggu. Kabut asap mengandung berbagai partikel karsinogenik yang dapat mengganggu oerkembangan janin. Resiko ini akan lebih meningkat lagi jika sistem kekebalan tubuh anda sedang berada dalam kondisi yang tidak baik.

  1. gangguan otak pada janin

Ibu hamil yang sering terpapar asap  akan mengganggu pertumbuhan otak janin. Hal ini juga bisa mengakibatkan resiko bayi cacat mental.

Itulah beberapa bahaya yang ditimbuulkan jika anda sebagai calon ibu terlalu sering terkena dan menghirup asap. Jika tidak pintar-pintar melindungi diri, maka bahaya asap bagi ibu hamil berdapak pada kesehatan janin. Oleh karena itu anda disarankan untuk menggunakan masker ssetiap keliuar dari rumah.