August 27, 2020 By Napitupulu Off

Pemula Wajib Tahu! Begini Tips Memulai Usaha Kuliner

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Hal ini karena tanpa makanan, manusia tidak dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Keberlangsungan kesehatan mereka juga tergantung dari apa yang mereka makanan. Untuk itu, setiap hari mereka selalu berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Melihat keadaan tersebut, maka Anda dapat mengambil kesempatan untuk berbisnis makanan.

Bisnis pada bidang kuliner tidak akan ada matinya, karena setiap orang membutuhkan makanan. Apalagi bagi mereka yang hidup di kota besar yang semuanya serba sibuk sehingga waktu masak tidak ada. Akibatnya mereka akan membeli makanan siap saji untuk mencukupi kebutuhannya. Jika Anda ingin memulai usaha kuliner dan masih pemula, ada baiknya simak tips-tips untuk memulai usaha kuliner berikut ini.

Tips Memulai Usaha Kuliner

  1. Modal usaha

Modal merupakan hal yang amat penting untuk memulai usaha kuliner, lain lagi ketika semua bahan berasal dari panenan Anda. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa modal adalah faktor utama untuk membangun bisnis ini. Untuk memulainya, Anda dapat memanfaatkan sisi depan rumah dengan melakukan sedikit permak tentunya. Selain itu, sesuaikan juga anggaran modal yang akan digunakan untuk membuka usaha.

Jika memang modalnya terbatas, sebaiknya pilihlah makanan-makanan yang tidak mudah busuk dalam sehari. Selain itu, Anda juga dapat memilih usaha kuliner di waktu tertentu. Misalnya makanan untuk sarapan saja atau makan siang saja. Tentu usaha ini tidak akan membutuhkan modal yang begitu besar jika dilakukan di rumah tanpa menyewa ruko bukan?

  1. Tentukan fokus Anda

Bidang kuliner amat sangat banyak. Sebelum memulainya, pastikan Anda telah menentukan akan berfokus pada produk apa. Makanan atau minuman? Makanan berat atau ringan? Minuman berbagai jenis kopi atau buah-buahan? Lokal atau internasional? Tentukanlah mana yang akan Anda pilih. Sebaiknya pilihlah usaha kuliner dimana Anda paling ahli dalam meraciknya, maka akan memberikan rasa yang khas.

Saat menentukan fokus usaha Anda, sebaiknya lihatlah lingkungan sekitar. Jika usaha yang ingin digeluti ternyata telah menjamur, tentu hal ini akan memiliki peluang kecil jika Anda mengikutinya. Namun, jika ternyata hal itu adalah keahlian Anda, maka jadilah yang terbaik dan memiliki khas sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenalinya. Selain itu, tonjolkan keunikan dari usaha Anda dibandingkan tempat lain.

  1. Unik itu penting

Untuk memulai usaha kuliner di tengah persaingan yang begitu ketat ini, maka Anda harus mampu menampilkan keunikan dari yang dijual sehingga menarik konsumen. Misalnya ketika Anda memilih makanan yang amat merakyat, mie ayam, maka carilah hal unik untuk meningkatkan penjualannya. Mungkin Anda bisa menawarkan mie yang berwarna-warni atau penyajian yang unik.

  1. Strategi pemasaran

Pemasaran pada pasar yang tepat tentu akan cepat mengembangkan usaha Anda. Untuk itu, strategi pemasaran yang tepat adalah hal yang amat penting. Untuk awal, Anda dapat melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Selain itu, masih banyak cara pemasaran yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara pemasaran usaha kuliner yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda sehingga mudah dikenal.

Cara Pemasaran Usaha Kuliner

  1. Media sosial

Kekuatan media sosial sudah tidak perlu lagi diragukan. Hal ini karena sebagian besar penduduk dunia telah menggunakan media sosial. Kesempatan inilah yang dapat Anda ambil untuk mengenalkan menu-menu pada usaha kuliner sehingga dapat menarik konsumen. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan fotografi yang bagus, tentu akan dapat menghasilkan foto yang menarik konsumen.

  1. Layanan pesan antar

Saat ini, keberadaan layanan pesan antar begitu penting di tengah-tengah kesibukan masyarakat yang semakin banyak. Solusinya adalah melakukan pemesanan makanan melalui layanan pesan antar. Untuk itu, Anda perlu melakukan kerjasama untuk membuat bisnis usaha kuliner semakin dikenal dan mudah ditemukan oleh konsumen.

  1. Desain tempat usaha

Meskipun pemasaran melalui media sosial begitu amat penting, namun Anda juga tidak boleh melupakan desain tempat usaha Anda. Dapat diberikan sentuhan-sentuhan kekinian dan instagramable pada setiap tempatnya. Hal ini akan membuat banyak konsumen tertarik karena desain yang unik.

Anda juga dapat memberikan quote-quote menarik dengan memberikan huruf-huruf yang timbul agar terlihat jelas dan menarik saat di foto. Selain itu, juga akan memberikan kesan elegan dan mewah. Untuk dapat menambahkan huruf timbul seperti ini, Anda dapat memesannya pada jasa pembuatan huruf timbul agar lebih artistik dan menarik.