October 22, 2020 By Napitupulu Off

Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW Sejak Lahir Hingga Tutup Usia

Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir yang dimiliki oleh umat Islam. Ia merupakan manusia utusan Allah yang bertugas menyebarkanluaskan agama Islam di dunia. Terlahir sebagai yatim, ia hidup sederhana dengan pamannya yang bernama Abu Thalib. Selama menyebarluaskan ajaran Islam, ada banyak perjuangan yang harus ia lakukan. Karena perilakunya yang baik dan taat semasa hidup. Nabi terakhir umat Islam ini merupakan suri teladan yang patut untuk diikuti. Untuk mengetahui kisah atau sejarah singkat mengenai Nabi Muhammad SAW, simak ulasan yang dirangkum oleh https://hasana.id/ di bawah ini.

Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW Pada Saat Lahir

Nabi akhir jaman ini lahir di tahun gajah. Pada tahun ini, pasukan gajah yang dikepalai oleh Abrahah Habasyah mengunjungi Makkah dan berniat untuk menghancurkan Ka’bah. Di tahun inilah Rasulullah lahir sebagai anak yatim. Abdullah yang merupakan ayahnya telah meninggal dunia sebelum Nabi dilahirkan. Setelah beberapa tahun berselang, Aminah yang merupakan ibunya turut meninggal dan membuat Nabi besar di bawah perhatian kakeknya yang bernama Abdul Muthalib. Dua tahun berlalu, kakeknya juga meninggal dunia dan membuatnya dibesarkan di bawah asuhan sang paman. Sebelum diangkat sebagai Nabi, ia telah mendapatkan karunia dari Allah SWT.Karunia tersebut dapat dilihat melalui wajahnya yang bersinar layaknya sinar bulan.

Nabi mendapatkan wahyu untuk pertama kalinya ketika ia menyendiri di sebuah gua bernama Gua Hira. Dengan wahyunya tersebut, Rasulullah memulai tugas pertamanya untuk menyebarkan agama Allah di dunia. Dalam berdakwah, ia melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Ia kemudian melakukan dakwah secara terang-terangan setelah mendapatkan perintah Allah melalui surat Al-Hijr. Tahun ke-11 ketika menjadi Nabi, rasul mengalami peristiwa yang cukup menyedihkan. Pada kala itu, sang istri dan paman harus kembali ke sisi Allah. Allah kemudian memerintah malaikat Jibril untuk memberikan pendampingan kepada Nabi ketika melakukan perjalanan panjang dari Masjidil Haram menuju ke Masjidil Aqsa. Perjalanan yang ia lakukan dikenal dengan peristiwa Isra Miraj. Karena perjalanan yang dilakukannya, umat Islam kemudian diwajibkan untuk menjalankan sholat 5 waktu.

Peristiwa Wafatnya Rasulullah

Ketika Abu Bakar tidak tinggal di Madinah, sebuah peristiwa memilukan terjadi. Nabi Muhammad SAW dikabarkan telah meninggal dunia. Dengan kabar yang ia dengar, Abu Bakar langsung berkunjung ke rumah Aisyah guna melihat jasad dari sang Nabi. Abu Bakar berkata bahwa mereka yang menyembah Muhammad maka sang Nabi telah tiada dan barang siapa yang menyembah Allah, maka Allah akan tetap hidup dan tidak pernah bertemu dengan kematian. Itulah penjelasan singkat mengenai kelahiran dan kematian dari Nabi Muhammad SAW. Semoga umat Islam dapat mengambil pelajaran dari kisahnya dan dapat dijadikan pedoman hidup.