Mengenal Kulit Lumpia

Pixabay.com

Bulan puasa memang menjadi bulan yang sangat di nantikan oleh setiap umat manusia. Khususnya untuk umat islam di seluruh penjuru dunia. Bulan puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya menjadi ajang untuk meningkatkan amal ibadah terhadap Alloh SWT. Dan tentunya menjadi ajang untuk saling berbagi antar sesama umat manusia. Bersama keluarga tercinta dan menikmati sajian spesial untuk berbuka. Menu berbuka, ada nggak nih yang udah tahu menu berbuka yang spesial untuk keluarga apa aja. Wah, kalau belum ada beberapa resep masakan yang lezat untuk menu berbuka anda.

Berbicara soal menu berbuka ada resep kulit lumpia yang bisa menggugaha selera berbuka anda bersama dengan keluarga tercinta. Resep pembuatan lumpia ini memiliki rasa yang khas dan nikmat cocok sekali untuk menu buka anda. Lumpia, seperti apa dan gimana sih rasanya. Ya, lumpia merupakan salah satu makanan tradisional yang aslinya berasal dari Tionghoa. Lumpia terbuat dari lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum. Biasanya lumpia digunakan sebagai kulit atau pembungkus isi dari makanan. Anda bisa memasukkan isi ke dalam kulit lumpia seperti daging, sayuran ataupun rebung.

Karena bentuknya yang unik dan rasanya yang lezat membuat lumpia kini mulai terkenal di Indonesia. Lumpia Indonesia yang sering di buat untuk di jajakan di berbagai pasaran Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu jajanan tradisional khas lumpia banyak sekali yang membuatnya dan menjadi makanan favorit untuk banyak orang. Umumnya lumpia di hidangkan untuk acara acara tertentu seperti selametan, syukuran atau saat kumpul bareng orang terspesial sebagai camilan lezat.

Tips Resep Memasak Kulit Lumpia Kering Spesial

Mengenal kulit lumpia ada beberapa jenis kulit lumpia yang kita ketahui  terdapat kulit lumpia kering dan basah. Nah, jika anda ingin memakannya agar lebih bertahan lama bisa membuat kulit lumpia kering lezat. Hasil pembuatan kulit lumpia pun akan terasa lezat jika disajikan dengan tampilan yang menarik dan pembuatan sesuai dengan resep. Lumpia yang terkenal di Indonesia memiliki banyak sekali manfaat untuk menambah energi bagi tubuh. Bahan bahan yang di gunakan untuk membuat lumpia seperti telur dan tepung banyak mengandung karbohidrat yang sangat bagus untuk meberikan asupan karbohidrat bagi tubuh anda.

Tidak hanya anak anak saja yang menyukai makanan spesial satu ini tetapi orang dewasa pun menyukainya. Pembuatan lumpia yang sederhana namun hidangan memukau membuat lumpia banyak penggemarnya. Bahan dalam pembuatan lumpia tidak menggunakan campuran bahan kimia, artinya bahan pembuatannya semua alami. Pastinya anda cukup penasaran bukan seperti apa sih makanan lumpia dan resep pembuatan lumpia tersebut.

Cara pembuatan lumpia cukup simpel, cukup anda persiapkan bahan dan alat yang di butuhkan. Tidak perlu menggunakan oven seperti dalam pembuatan kue. Karena cukup dengan wajan dan alat penggoreng lainnya yang anda miliki. Itupun untuk lumpia jenis kering. Bahan bahan yang di butuhkan dalam pembuatan lumpia antara lain seperti tepung terigu dengan kualitas bagus sebanyak 100 gram, sediakan garama, air matang secukupnya. Jangan lupa juga untuk menyediakan dua butir telur ayam serta minyak goreng untuk menggoreng lumpia kering.  Jika semua bahan bahan pembuatan sudah siap anda bisa mencoba untuk melakukan penggorengan lumpia sesuai dengan selera anda.

Untuk isi di dalam kulit lumpia bisa di beri sesuai keinginan anda. Misalnya anda ingin mengisi kulit lumpia anda dengan sayuran seperti rebung juga tidak masalah. Atau ingin mengisi kulit lumpia dengan sayuran hijau segar pun tak masalah. Isi bisa di sesuaikan dengan selera dan kreasi anda sendiri. Langkah pembuatan lumpia kering cukup sederhana. Pertama sediakan alat seperti wajan penggorengan di atas kompor. Namun sebelum itu, anda perlu menyiapkan wadah untuk mengaduk adonan lumpia seperti tepung terigu sebesar 100 gram dan setengah sendok teh garam.

Sajikan Resep Lumpia Untuk Camilan Keluarga Saat Berbuka

Selanjutnya anda aduk adonan tersebut hingga merata dan lebih halus. Jika sudah, tambahkan dengan putih telur dan kemudian aduk lagi hingga telur tercampur dan merata. Kemudian, tuangkan air bersih ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Lalu kembali aduk supaya adonan lebih lembut dan kalis. Tunggulah beberapa menit hingga adonan menjadi kenyal, paling tidak sekitar 35 menit atau setengah jamm. Jika sudah wajan yang sudah anda siapkan tadi berikan minyak goreng lalu nyalakan api di bawahnya. Jangan lupa olesi wajan atau teplon dengan mentega agar adonan tidak menjadi lengket saat di goreng.

Tuangkan adonan secukupnya dengan bentuk tipis tipis. Jika anda ingin menambahkan isi sebelum di goreng berikan isi dalam lumpia sesuai dengan keinginan anda. Lalu setelahnya bisa anda goreng dengan hati hati agar tidak mudah rusak. Jangan lupa untuk membolak balik lumpia yang sudah anda goreng tadi.

Nah, gimana mudah kan! Untuk mengenal kulit lumpia dan cara memasaknya bisa anda temukan di berbagai resep masak. Sebagai seseorang yang sayang keluarga tidak ada salahnya memberikan yang terbaik untuk hidangan keluarga seperti makanan lumpia kering spesial.  Camilan enak saat kumpul bareng bareng keluarga di rumah saat menikmati berbuka.