Ketahui Bagian-Bagian Tubuh Udang

Udang merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang mengalami ciri-ciri bergerak. Udang memiliki bagian-bagian tubuh yang menunjang pergerakannya sehingga dapat melakukan aktivitas seperti halnya hewan pada umumnya. Apa saja bagian-bagian tubuh udang, berikut ini kami ulas secara singkat.

1) Kepala dada

Tahukah kamu, bahwa pada dasarnya bagian-bagian tubuh dalam udang bisa kita katakan sangat beragam. Namun, keberagaman bagian tubuh udang ini menjadikannya terbagi beberapa kelompok. Yakni tubuh udang bagian kepada dada atau bahasa lainnya kita sebut sefalotoraks dan bagian tubuh udang yang merupakan perut (abdomen).

Kali ini kita akan bahasa bagian tubuh udang bagian kepala dada. Nah! Bagian tubuh udang kepala dada sebenarnya ini sudah dapat kita bayangkan bukan, bahwa ia merupakan bagian tubuh atas? Bagian tubuh udang kepala dada ini terdiri dari karapas (terluar udang yang biasanya keras).

Selain karapas, bagian tubuh yang ini memuat kaki berjumlah 5 pasang. Dalam 5 pasang kaki ini terdiri dari sepasang capit udang. Selain itu, udang juga memiliki rahang atas, rahang bawah, serta sepasang antena.

2) Bagian Perut

Selain tubuh udang yang terdiri dari bagian kepala dada, kini bagian tubuh udang yang lainnya adalah bagian perut. Di bagian tubuh udang perut atau abdomen atau bagian tubuh belakang si udang ini juga sama seperti bagian kepala dadanya. Memiliki beberapa bagian tubuh yang terdiri atas fungsi-fungsinya tersendiri.

Bagian tubuh udang perut meliputi kaki yang berpasang-pasang berjumlah 5. 5 pasang kaki udang yang ini digunakan untuk berenang. Namun, uniknya pada udang betina, fungsi kaki ini bukan hanya untuk berenang saja, melainkan juga untuk menyimpan telurnya. Selain itu juga terdapat ekor udang.

Informasi buat kamu, udang sama halnya seperti ikan. Ia bernapas menggunakan insang, pembuahan berlangsung di dalam tubuh udang betina, dan uniknya udang akan berganti kulit selama berkali-kali untuk menjadikan dirinya dewasa. Hal unik lainnya, sistem pernapasan udang terhubung dengan mata, otak, saraf keseimbangan dan juga antena sehingga disebut sebagai tangga tali.

Nah! Itulah bagian tubuh udang secara umum.