Kenali Sebab Bayi Sering Buang Angin

Pixabay.com

 

Ada beberapa sebab bayi sering buang angin. Meski begitu kondisi ini normal dan tidak berbahaya jadi Ibu di rumah tidak perlu khawatir.

Artikel

Gampang panik sepertinya sudah menjadi ciri khas dari Mama muda ya Moms. Minimnya pengetahuan akan ilmu parenting bisa menjadi salah satu sebabnya. Tapi ternyata punya banyak ilmu juga tidak menjamin Mama tidak gampang panik lho. Pada kenyataannya praktik memang berbeda dengan teori. Kadang Mama dibuat panik saat bayi menunjukkan gejala yang menurut Mama ‘tidak normal’. Kok bayi saya sering nangis ya? Sering bersin kenapa ya? Bayi sering buang angin  normal nggak? Bayi sering BAB?

Karena bayi memiliki sistem yang belum sesempurna orang dewasa, jadi hal-hal yang menurut orang dewasa tidak normal itu sebenarnya bisa saja normal bagi bayi. Seperti yang disebutkan tadi, adakalanya dalam sehari bayi buang angin berkali-kali. Normalkah? Sebabnya apa? Nah, yuk belajar kenapa bayi lebih sering buang angin.

Alasan pertama kenapa bayi sering buang angin adalah karena sistem pencernaannya yang belum sempurna. Hal ini membuat bayi lebih sulit mencerna makanan yang diberikan. Akibatnya? Gas terperangkap di dalam usus yang memicu bayi buang angin lebih sering. Pencernaan? Bahaya? Jangan khawatir Moms, hal ini masih terhitung normal kok.

Pernah nggak sih Mama mempertimbangkan posisi Mama saat menyusui? Memang terdengar sepele ya, tapi posisi menyusui yang salah bisa membuat bayi menelan banyak udara. Udara ini akan membentuk gelembung di usus. Pastikan menyusui dari payudara kanan dan kiri secara bergantian ya Moms, Mama juga bisa nih menyusui dalam posisi vertikal agar bayi tidak menelan banyak udara. Masuknya udara berlebih ke dalam tubuh bayi juga bisa disebabkan karena bayi terlalu banyak menangis.

Bayi sering buang angin juga bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan bakteri dalam tubuh. Ketika lahir usus bayi masih dalam kondisi bersih. Tidak ada bakteri baik dan hal hal lain yang membantu proses pencernaan. Karena itulah bayi membutuhkan waktu untuk mencerna ASI dengan sempurna, dalam proses inilah terjadi pembentukan gas berlebih. Jangan panik ya Moms, meski kata bakteri memang membuat ngeri, tapi ini normal kok/

Selain ketiga hal diatas ada beberapa alasan lain yang menyebabkan bayi lebih sering buang angin. Tapi Mama tidak perlu khawatir, kondisi ini normal dan tidak berbahaya bagi si kecil. Semoga sedikit artikel di atas menambah wawasan Mama ya..