Jembatan Tayan, jembatan Terpanjang Ke-3 Yang Ada di Indonesia

Pixabay.com

Jembatan tayan atau jembatan  Kapuas Tayan, merupakan salah satu jembatan yang terbentang luas di atas sungai kaupuas. Tepatnya berada di kepulauan Kalimantan selatan. Jembatan ini juga menjadi jembatan terpanjang ke-3 yang ada di Indonesia dengan panjang mencapai 1.420 meter. Dengan kelebaran mencapai 3 ruas jalan .

Jembatan yang menghubungkan antara Kota Tayan dan Desa Piasak ini juga menjadi jalur penghubung trans antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Namun secara administratif, bahwa jembatan Kapuas tayan sebenarnya terletak di kecamatan tayan Hillir. Yang masih termasuk dalam wilayah kabupaten Sanggau provinsi Kalimantan Barat.

Jembatan Tayan, Jembatan Terpanjang Ke-3 Yang Ada Di Indonesia

Kapuas tayan sebenarnya merupakan salah satu jembatan yang memiliki dua bentangan jalur. Dimana jalur pertama menghubungkan kota Tayan dan Pulau Tayan. Yang bentangannya setidaknya memiliki panjang kurang lebih sekitar 280 meter dengan kelebaran 11,5 meter. Sedangkan pada bentangan ke dua menghubungkan antara jalur menuju Desa Piasak dan pulau Tayan.

Dengan panjang jalur kurang lebih 1.14 kilo meter dengan kelebaran yang sama yakni 11, 5 meter. Dalam proses pembangunannya, jembatan Kapuas tayan setidaknya sudah menelan biaya kurang lebih sebesar 802 milyar rupiah. Sedangkan waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju jembatan Kapuas tayan setidaknya membutruhkan waktu 2 sampai dengan 3 jam dari pusat kota Pontianak.

Jembatan ini memang menjadi salah satu jembatan utama yang digunakan untuk penyebrangan sungai Kapuas. Dimana sebelum pembangunan jambatan terealisasi, warga masyarakat sekitar masih menggunakan  perahu motor untuk bisa menyebrang ke sisi sungai. Jembatan Kapuas tayan juga sudah menjadi ikon baru bagi masyarakat lokasi setempat.

Sebab jembatan yang dinobatkan menjadi jembatan terpanjang ke 3 ini juga dijadikan salah satu obyek wisata bagi wisatawan. Dimana para wisatawan sudah dapat menikmati pemandangan indah dari atas jembatan. Serta berbagai macam kuliner khas yang sudah berjejer di pinggir jembatan.

Itulah informasi detail mengenai jembatan Tayan yang merupakan jembatan terpanjang ke-3 di Indonesia. Sekaligus menjadi salah satu Jembatan indah nan mempesona yang membentang luas di atas sungai Kapuas.