Contoh Resep Bubur Ayam Untuk Bayi 1 Tahun

Usia batita atau bawah tiga tahun merupakan salah satu usia yang paling krusial dalam masa pertumbuhan anak. Hal ini dikarenakan, pada masa tersebut, otak anak akan sangat berkembang pesat. Selain itu, anak batita juga mulai mengenal beberapa aktivitas yang dilakukan oleh orang sekitarnya. Hal ini membutuhkan tunjangan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang anak menjadi optimal. Sementara itu, anak batita belum bisa mengonsumsi nasi selayaknya orang biasa. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan tubuhnya belum sempurna. Selain itu, beberapa anak batita juga mengalami susah makan yang dapat mempengaruhi kebutuhan nutrisinya. Untuk mengatasi hal tersebut, seorang ibu dapat memberikan beberapa makanan seperti bubur ayam yang bisa dinikmati oleh anak batita. Berikut ini beberapa resep bubur ayam yang cocok dikonsumsi oleh bayi usia 1 tahun.

Salah satu resep bubur ayam yang bisa dibuat untuk bayi 1 tahun adalah bubur ayam outmeal. Seperti namanya, bubur ayam ini menggunakan Oat yang bisa dimasak secara instan. Selain itu, bahan lain yang bisa digunakan adalah telur, olive oil, kaldu jamur, garam, wortel, air, lada, dan bawang putih. Bagaimana cara membuatnya?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merebus daging ayam hingga empuk. Agar daging ayam mempunyai rasa, daging ayam bisa dimarinasi dengan menggunakan sedikit garam dan lada. Setelah daging empuk, maka daging ditiriskan setelah itu disuwir saat sudah dingin. Akan tetapi, air rebusan daging tidak dibuang. Karena air rebusan daging bisa digunakan untuk kaldu saat merebus oat. Sementara itu, sayuran wortel harus dipotong menjadi bentuk dadu dengan ukuran kecil. Hal ini agar memudahkan bayi 1 tahun untuk mengonsumsi. Bahan lain yang disiapkan adalah telur dadar yang digoreng menggunakan minyak olive dan kemudian disuwir. Sedangkan oat dimasak dengan menggunakan air rebusan daging, bawang putih, dan wortel. Setelah itu, beberapa bumbu seperti garam dan lada dimasukkan ke dalam oat. Setelah makan, bubur oat disajikan dengan daging ayam, telur dadar, dan seledri yang telah disuwir dan diiris kecil – kecil. Bubur ayam outmeal untuk bayi 1 tahun siap dihidangkan.