November 8, 2020 By Napitupulu Off

5 Makanan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Mendapati berat badan bayi yang masih dibawah rata-rata tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi setiap orang tua. Bahkan, biasanya ibunda akan bersedia melakukan apa saja untuk berupaya menaikkan berat badan si kecil agar sesuai dengan usianya. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan memberikan menu makanan bayi 7 bulan penambah berat badan.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk bayi berusia 7 bulan. Akan tetapi, meningkatkan berat badan untuk si kecil bukan berarti hanya mencari bobot bayi saja. Ada asupan gizi yang harus tetap diperhitungkan oleh ibunda.

Penyebab Berat Badan Rendah Pada Bayi

Pixabay.coom

Ada berbagai macam penyebab berat badan bayi berusia 7 bulan tidak seperti umumnya. Faktor yang paling terlihat adalah kurangnya asupan nutrisi, bayi yang lebih aktif bergerak, atau kemungkinan terserang penyakit. Nah, untuk berat badan rendah yang diakibatkan kurangnya asupan nutrisi, makanan berikut ini bisa menjadi usaha bagi para orang tua. Ayo praktikkan!

1.      Mentega dan Margarin

Margarin atau mentega ternyata aman untuk diberikan kepada si kecil yang masih berusia 7 bulan. Selain teksturnya yang lembut, margarin ataupun mentega mengandung lemak terbaik untuk dikonsumsi bayi dengan berat badan dibawah normal. Selain itu, mentega juga mengandung banyak vitamin untuk proses tumbuh kembangnya.

Mentega diperkaya dengan kandungan vitamin A, B1, dan D yang berfungsi bagus untuk penglihatan, serta tulang bayi. Selain itu, nutrisi berupa protein dalam jumlah banyak untuk meningkatkan berat badan si kecil. Akan tetapi, penyajiannya tidak untuk dipanaskan. Mentega bisa ditambahkan pada makanan si kecil yang baru saja matang.

2.      Telur

Siapa yang tidak tahu tentang kandungan protein tinggi pada telur? Telur merupakan makanan yang kaya akan protein serta vitamin yang dibutuhkan. kandungan vitamin A, serta B12 pada telur ayam bisa menjadi nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak usia 7 bulan.

Selain itu, kandungan protein pada telur juga bisa membantu menambah nafsu makan anak. Penyajian telur untuk bayi berusia 7 bulan juga lebih mudah karena sebaiknya hanya direbus saja. Biasanya, telur rebus disajikan dengan MPASI yang terbuat dari nasi tim atau sejenisnya.

3.      Daging Ayam

Protein memang menjadi asupan yang paling penting bagi bayi berusia 7 bulan. Untuk bisa meningkatkan berat badan si kecil, menu dengan bahan dasar daging ayam bisa menjadi pilihan. Kandungan protein yang tinggi pada daging ayam berfungsi membangun otot dan bisa menjadi menu yang bagus untuk anak dengan berat badan rendah.

Daging ayam merupakan bahan makanan yang mudah ditemukan. Hampir semua masyarakat Indonesia juga gemar mengonsumsi makanan yang satu ini. Selain itu, banyak variasi menu untuk bahan dasar daging ayam yang bisa diberikan pada bayi berusia 7 bulan. Anda bisa mencoba menu seperti nugget ayam, perkedel ayam, tim ayam, atau sop ayam.

4.      Kentang

Kentang mengandung karbohidrat yang menjadi bahan utama untuk menambah berat badan. Bila anda ingin meningkatkan berat badan si kecil, maka konsumsi 40 persen karbohidrat dari asupan hariannya adalah hal utama. Kentang merupakan pilihan paling tepat karena terdiri dari karbohidrat tinggi serta asam amino yang berfungsi meningkatkan berat badan.

Bayi berusia 7 bulan juga akan menyukai menu berbahan dasar kentang. Jenis umbi yang satu ini juga bisa dikreasikan dengan resep apapun untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Kentang untuk menu bayi 7 bulan bisa dikombinasikan sebagai sup, camilan, atau lauk agar si kecil tidak bosan.

5.      Pisang

Buah pisang pasti menjadi salah satu buah yang akrab dengan si kecil. Buah dengan kandungan kalori dan karbohidrat ini juga penting untuk dimasukkan ke menu harian si kecil. Untuk bisa meningkatkan berat badan bayi usia 7 bulan, pemberian buah pisang dengan berbagai variasi bisa dimanfaatkan.

Pisang juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lain seperti susu, keju atau dimakan langsung. Buah pisang juga kaya akan kandungan magnesium dan vitamin untuk membantu asupan gizi harian si kecil. Kombinasikan pisang sebagai camilan untuk menambah nafsu makan si buah hati. Pisang juga baik untuk dikonsumsi setiap hari.

6.      Alpukat

Satu lagi buah yang bersahabat dengan bayi berusia 7 bulan adalah alpukat. Buah dengan kadar lemak tinggi ini sangat baik untuk meningkatkan berat badan si kecil. Terlebih lagi, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin serta kalori yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Manfaatkan buah alpukat sebagai MPASI, minuman atau cemilan kesukaan si kecil. Beberapa menu MPASI usia 7 bulan dengan tambahan buah alpukat bisa menjadi pilihan untuk variasi menu si kecil.

Pixabay.coom

Bubur bayi organik juga bisa diberikan pada usia bayi yang masih 7 bulan. Pemberian bubur tersebut dilakukan biasanya karena pertumbuhan gigi bayi yang masih belum maksimal. Dengan mengonsumsi bubur berbahan organik, kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi dari makanan alami.

Itulah beberapa macam makanan bayi 7 bulan penambah berat badan yang efektif untuk dikonsumsi. Peningkatan berat badan bayi bergantung pada kondisi bayi. Untuk itu, pastikan nutrisi makanan bayi tetap terpenuhi dan tetap memberikan ASI sebagai penunjang kebutuhan gizinya.