June 13, 2020 By Napitupulu Off

Ingin Jadi Jutawan? Ini Dia Cara Bisnis Parfum yang Mudah untuk Pemula

Indonesia memang memiliki iklim tropis yang mana membuat masyarakatnya selalu mudah berkeringat dan selalu dihantui hawa panas kemanapun perginya. Padahal, banak aktivitas pekerjaan masyarakat Indonesia yang ada di luar ruangan, sebut saja petani, nelayan, hingga pedagang. Tentunya, bau tidak sedap akan tercium ketika tubuh sangat berkeringat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan parfum. Itulah mengapa, bisnis ini sangat berkembang. Yuk, simak cara bisnis parfum yang mudah dilakukan di ulasan berikut ini.

Mengetahui Bagaimana Peluang Bisnis Parfum

Bicara mengenai peluang berbisnis parfum, tentunya Anda akan takjub melihat betapa luas prospek usaha rumahan satu ini. Pasalnya, parfum selain sebagai gaya hidup juga sebagai barang yang memang wajib dimiliki banyak orang. Tidak hanya membuat tubuh kita wangi, parfum juga bisa meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Nah, besarnya kebutuhan akan parfum dari masyarakat Indonesia inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis.

Salah satu bisnis parfum yang banyak dipilih adalah bisnis parfum refill. Selain beromset tinggi, bisnis ini juga selalu mendapat permintaan besar dari pasar. Meski modalnya cukup besar, namun Anda juga akan meraup banyak margin keuntungan yang mana bisa digunakan untuk semakin mengembangkan bisnis Anda.

Tak heran, harumnya prospek bisnis minyak wangi ini menjadikan banyak pelaku usaha di bidang ini bermunculan. Persaingannya pun cukup ketat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tentunya masing-masing bisnis memiliki strategi kesuksesan mereka sendiri. Maka dari itu, selama peluang bisnis ini masih terbuka lebar, tidak ada salahnya Anda mencoba keuntungan di bidang ini dengan menawarkan beberapa racikan parfum yang harganya terjangkau dan cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Tips Memulai Usaha Rumahan Jual Parfum

Seperti yang sudah disebutkan, peluang bisnis parfum refill sangat besar dan praktis untuk dijalankan. Namun untuk memulai bisnis ini, Anda yang pemula tentu memerlukan beberapa tips. Adapun beberapa tips untuk memulai bisnis parfum rumahan ini adalah sebagai berikut, yakni :

  1. Persiapkan Modal

Pertama, Anda harus menyiapkan modal untuk membuka usaha satu ini. Apabila diperhitungkan dengan seksama, membangun bisnis parfum akan membutuhkan modal lebih dari 10 juta rupiah. Namun tentunya, modal ini akan cepat kembali karena seperti yang Anda tahu, omset bisnis ini per bulannya bisa mencapai penjualan 200 botol dengan margin keuntungan hingga 40% di tiap botolnya. Untuk informasi saja, harga jual dari parfum ini adalah 10 ribu sampai 90 ribu rupiah per botolnya.

  1. Persiapkan Lokasi Usaha

Kedua, Anda harus menyiapkan lokasi usaha, mulai dari menyewa bulanan, tahunan, atau membangun kios di pinggir jalan sendiri. Jika Anda hanya memiliki sedikit modal, maka Anda bisa memanfaatkan beranda rumah Anda untuk berjualan. Buatlah tempat tersebut menjadi semenarik mungkin agar pengunjung bisa tergiur untuk membeli di tempat Anda.

  1. Persiapkan Beragam Peralatan

Ketiga, dengan modal yang sudah disiapkan, Anda bisa mulai membeli berbagai peralatan. Sebut saja, bibit minyak wangi, gelas ukur, botol parfum, hingga alkohol dan lain sebagainya.

  1. Cari Distributor Parfum Terbaik

Sesudah berbelanja peralatan, Anda juga bisa mencari distributor minyak wangi yang akan mengisi stok parfum Anda. pilihlah distributor yang berkualitas, terpercaya dan menawarkan harga terbaik. Dengan begitu, Anda juga akan mampu menjamin kualitas parfum yang akan Anda jual. Namun biasanya, distributor akan menawarkan sistem paket sehingga Anda tidak perlu pusing dengan beragam kebutuhan dan hanya perlu menyiapkan tempat berjualan saja.

  1. Belajar Meracik Parfum

Selanjutnya, sebagai penjual parfum tentunya Anda harus pandai meracik parfum juga. Bibit parfum kebanyakan berasal dari Paris atau Swiss yang mana dikenal dengan parfum-parfum andalan mereka, namun tentunya Anda harus mampu meraciknya agar menjadi wangi-wangian yang berbeda.

Meracik parfum sendiri biasanya menggunakan alkohol khuus agar wanginya tahan lama dan tidak iritasi di kulit. Idealnya, campuran bibit parfum dan alkohol adalah 1 : 1. Jadi ketika Anda membuat 100 ml minyak wangi, maka itu adalah hasil dari campuran 50 ml alkohol dan 50 ml bibit parfum.

  1. Siapkan Katalog Parfum Hasil Racikan Anda

Agar pembeli tidak bingung ketika akan memilih parfum, maka Anda bisa menyiapkan katalog. Berilah nama-nama parfum hasil racikan Anda dan tuliskan juga detailnya, seperti harga per milinya, ukuran botolnya, hingga kode parfumnya untuk pria atau wanita.

  1. Update Perkembangan Dunia Parfum

Sebagai pelaku usaha, tentunya Anda harus senantiasa update perkembangan dunia parfum agar bisa mengetahui tren-tren terbaru. Tidak hanya perkembangan di Indonesia saja, namun Anda juga bisa mengikuti perkembangan bisnis parfum di luar negeri, seperti parfum-parfum keluaran selebriti Hollywood atau parfum-parfum bermerek dari Prancis. Jadi sama dengan fashion, parfum pun memiliki tren dan musimnya tersendiri.

  1. Gunakan Strategi Bisnis untuk Pemasaran

Terakhir, Anda harus menggunakan strategi pemasaran agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Salah satu strateginya adalah dengan berjualan juga via online. Sekarang ini banyak platform e-commerce yang memungkinkan Anda berjualan dengan gratis. Manfaatkan platform tersebut dan kembangkan bisnis Anda sebaik mungkin.

Demikian ulasan mengenai cara bisnis parfum yang mudah bagi pemula. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.