October 22, 2020 By Napitupulu Off

Berbagai Manfaat Sendawa bagi Bayi agar Bayi Tetap Sehat

 

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh bayi agar terpenuhi nutrisinya adalah menyusui. Bayi yang mendapatkan jumlah dan nutrisi ASI yang cukup, maka akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan perkembangan pada bayi. Sementara itu, bayi yang sedang menyusu ASI harus dipicu agar ia bisa bersendawa. Apa itu bersendawa? Secara umum, sendawa pada bayi merupakan suatu kejadian dimana bayi mengeluarkan gas yang terperangkap di dalam perutnya. Sehingga, kandungan gas pada perut bayi dapat berkurang. Lantas, mengapa bayi harus bersendawa?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bayi yang bersendawa berarti bayi yang mengeluarkan gas yang ada di dalam perutnya. Hal ini perlu dilakukan agar perut bayi tidak kembung karena konsentrasi gas yang terlalu tinggi di dalam perut bayi. Apabila bayi tidak bersendawa, maka bayi akan mengalami beberapa kondisi yang tidak baik seperti perut kembung, gumoh, asam lambung, dll. Sehingga, bayi akan lebih sering rewel. Oleh karena itu, orang tua harus membuat bayi bersendawa. Lantas, kapan bayi harus dibuat bersendawa?

Ada beberapa waktu yang mengharuskan bayi untuk bersendawa. Salah satunya adalah ketika bayi berpindah posisi menyusui. Hal ini dikarenakan saat pindah posisi menyusui, maka ada kemungkinan bayi akan menghirup banyak gas. Sehingga, perutnya akan lebih cepat kembung. Oleh karena itu, bayi perlu bersendawa agar perutnya tidak kembung dan tidak merasa cepat kenyang. Waktu lain yang mengharuskan bayi untuk bersendawa adalah saat bayi minum susu dari botol. Biasanya, bayi harus dibuat bersendawa saat bayi telah mengonsumsi air susu sekitar 60 – 90 mL. Sehingga, bayi tidak akan merasa kekenyangan yang dapat berakibat gumoh. Bagaimana cara membuat bayi bersendawa? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah meletakkan bayi di dada ibu. Biasanya, cara ini dilakukan pada bayi yang baru lahir. Sedangkan, cara yang lain adalah dengan tengkurap bagi bayi yang sudah mampu tengkurap. Selain itu, bayi juga bisa didudukkan pada pangkuan ibu agar lebih cepat keluar gasnya.